Perbedaan Diabetes Melitus Tipe 1 Dan Diabetes Melitus Tipe 2

By | April 12, 2017

Mengetahui perbedaan diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2 merupakan langkah utama yang perlu di lakukan karena supaya kita bisa menanganinya dengan benar.

Perbedaan Diabetes Melitus Tipe 1 Dan Diabetes Melitus Tipe 2Sekilas Mengenal Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat mulai dari usia yang masih muda sampai usia yang sudah tua, yang mana penyakit ini di sebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol gula darah.

Penyakit diabetes melitus memiliki dua tipe yaitu :

  • Diabetes melitus tipe 1
  • Diabetes melitus tipe 2

Perbedaan Umum Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang umum bisa menyerang semua usia, baik muda maupun tua.Namun yang membedakannya yaitu pada tipe diabetes yang dialami.

Penyakit diabetes tipe 1 adalah diabetes yang menyerang penderiyanya pada usia kurang dari 20 tahun, namun diabetes tipe 1 ini dulunya memiliki julukan juvenile onset karena memang menyerang penderita di usia muda.

Sedangkan penyakit diabetes tipe 2 dulunya di sebut dengan adult onset yang mana julukan ini diberikan pada penyakit diabetes tipe 2 karena menyerang penderita yang berusia lebih dari 30 tahun.

Kedua tipe diabetes tersebut bisa menyerang siapapun dan pada usia berapapun, namun memang kecenderungan penderitanya masih sama, diabetes tipe 1 menyerang usia muda sedangkan diabetes tipe 2 menyerang orang yang sudah berusia tua.

Perbedaan Penyebab Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 sama-sama di sebabkan karena gangguan pada hormon insulin, yang mana hormon insulin ini bekerja untuk memindahkan zat glukosa dari dalam darah ke dalam sel-sel yang membutuhkan untuk diolah menjadi energi.Hanya saja, perbedaabn kendala yang dihadapi oleh diabetes tipe1 dan diabetes tipe 2 ini berbeda.

Diabetes tipe 1 di sebabkan karena pankreas mengalami kerusakan yang terjadi pada sel beta pankreas menyebabkann produksi insulin berkurang sehingga tubuh hanya mendapatkan asupan insulin dari luar bukan dari insulin yang diprosuksi oleh pankreas.

Penderita diabetes tipe 1 ini mendapatkan insulin dengann cara diberikan suntikan insulin atau pompa insulin.Penyebab kerusakan pankreas sehingga tidak bisa menghasilkan insulin ini dipicu oleh dua faktor yakni immune mediates atau penyakit autoimun dan idiopatik.

Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas tidak bisa berfungsi dengan normal atau biasa dikenal dengan resistensi insulin.Kasus pada diabetes tipe 2 ini yakni sel beta pankreas bisa menghasilkan insulin yang cukup akan tetapi, insulin yang dihasilkan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidak bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Terjadinya dominan insulin resisten dan defiensiensi insulin relatif biasanya dihubungkan dengan kasus penderita obese yang mengalami penurunan jumlah reseptor insulin.Penurunan yang terjadi pada jumlah reseptor insulin penderita akan menyebabkan penderita diabetes tipe 2 tetap mengalam hiperhlikemia meskipun kadar insulin yang dihasilkan oleh beta pankreas normal atau bahkan meningkat.

Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Meskipun memiliki penyebab yang berbeda, namun secara umum gejala yang di timbulkan oleh diabetes tipe 1 hampir sama dengan diabetes tipe 2 diantaranya :

  • Sering mengalami kelelahan
  • Masaa atau berat otot akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu
  • Sering merasakan haus
  • Sering buang ait kecil terutama pada malam hari
  • Mengalami penurunan berat badan

Cara Mengobati Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 ini sudah mulai berbeda mulai dari umur penderita dan juga penyebab orang yang menderita kedua penyakit ini, bahkan pengobatannya pun berbeda yakni :

1) Pengobatan diabetes tipe 1

  • Kontrol diagnosis diabetes sejak dini
  • Melakukan aktivitas dan konsumsi seimbang
  • Pemberian suplai insulin secara rutin
  • Transplanasi sel islet pada pankreas penderita diabetes tipe 1

2) Pengobatan diabetes tipe 2

  • Kontrol diagnosis sejak dini
  • Mengkonsumsi obat

Penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 ini salah satunya juga din timbulkan dari faktor keturunan, yang mana kedua penyakit in tidak bisa di obati atau dihilangkan namun, bisa di atasi dengan melakukan beberapa cara seperti di atas.

Selain itu juga, kami merekomendasikan bagi anda yang menderita diabetes melitus tipe 1 dan 2 yakni hanya dengan mengkonsumsi Jelly Gamat QNC yang jauh lebih aman untuk anda pilih dan konsumsi karena terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai perbedaan diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :