Jenis-Jenis Kanker Kulit Dan Cara Mencegahnya

By | December 2, 2017

Mengetahui jenis-jenis kanker kulit dan cara mencegahnya merupakan hal yang layak untuk ketahui, karena hal tersebut berguna untuk menghindari anda dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi akibat kanker kulit.

Pada umumnya kanker kulit terjadi pada bagian kulit yang sering terkena sinar matahari seperti : wajah, bibir, kulit kepala, telinga, leher, lengan, tungkai dan dada.

Namun tidak menutup kemungkinan jika kanker kulit bisa terjadi pada bagian kulit yang tidak terkena sinar matahari secara langsung seperti di telapak tangan dan kaki, bagian bawah jari bahkan di daerah genital.

Jenis-Jenis Kanker Kulit Dan Cara MencegahnyaKanker kulit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada orang yang memiliki warna kulit gelap dan berikut ini beberapa jenis kanker kulit yakni :

  • Kanker Kulit Melanoma

Jenis kanker kulit yang satu ini terjadi pada bagian melanosit atau sel-sel penghasil pigmen kulit, dimana kanker kulit melanoma ini termasuk jenis kanker yang jarang terjadi namun sangat berbahaya sekali.

  • Kanker Kulit Non Melanoma

Kanker kulit yang terjadi pada jaringan kulit selain melanosit, dimana kanker kulit non melanoma ini dibedakan menjadi dua jenis yakni :

  1. Karsinoma Sel Basal (Basal Cell Carcinoma) yakni kanker kulit yang terjadi pada bagian epidermis, dimana jenis kanker ini paling umum terjadi pada manusia.
  2. Karsinoma Sel Skuamosa (Squamous Cell Carcinoma) yakni kanker kulit yang terjadi pada bagian atas epidermis, dimana kanker ini cukup umum terjadi namun frekuensinya tidak sebanyak kanker sel basal.

Selain beberapa jenis-jenis kanker kulit diatas, adapun jenis-jenis kanker lainnya yang lebih jarang terjadi diantaranya sebagai berikut :

  • Sakoma Kaposi – Jenis kanker yang terjadi karena infeksi virus yang menyebabkan mutasi pada sel-sel endotelial, berbentuk bercak berwarna merah atau ungu pada jaringan di bawah kulit.
  • Karsinoma Sel Merkel – Sel yang terletak dekat dengan ujung saraf di kulit dan terkait dengan fungsi kulit sebagai indra peraba.Keganasan pada sel merkel ini sangat jarang dan menyebabkan terbentuknya benjolan keras di bawah kulit.
  • Karsinoma Kelenjar Minyak (kelenjar sebasea) – Kanker yang jarang terjadi, namun bersifat agresif.Kanker kelenjar sebasea ini umumnya muncul di kelenjar minyak pada kulit, kemudian membentuk benjolan keras yang tidak terasa sakit.

Meskipun tidak semua kelainan atau benjolan pada kulit disebabkan oleh kanker, namun sering juga kanker kulit muncul berupa kelainan ringan pada kulit.Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan pada dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan cepat.

Cara Mencegah Kanker Kulit

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya terjadi kanker kulit diantaranya sebagai berikut :

  • Menghindari penggunaan tanning bed
  • Berhati-hati dalam menggunakan obat dengan efek samping terhadap kulit
  • Menggunakan tabir surya secara rutin
  • Melakukan pengecekan kulit secara rutin dan mengkonsultasikan perubahan kulit yang dirasa tidak wajar kepada dokter
  • Menghindari sinar matahari pada tengah hari
  • Menggunakan pakaian yang bisa melindungi dari sinar matahari
  • Mengkonsumsi obat kanker kulit alami ( Rekomendasi : Walatra Zedoril 7 )

Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai jenis-jenis kanker kulit dan cara mencegahnya bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit ini.Terimakasih atas kunjungannya dan telah menyimak artikel kami ini.

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *