Gejala Penyakit Sarkoidosis Dan Pengobatannya

By | August 14, 2017

Sarkoidosis merupakan penyakit yang cukup serius sehingga sangat penting bagi anda untuk mengetahui gejala penyakit sarkoidosis dan pengobatnnya, guna untuk menghindari hal buruk yang bisa terjadi akibat penyakit ini.

Gejala Penyakit Sarkoidosis Dan PengobatannyaGejala Penyakit Sarkoidosis

Sarkoidosis merupakan kondisi dimana munculnya sekumpulan sel-sel inflamasi atau granuloma yang tersebar di bagian tubuh yang berbeda-beda.Namun, pada umumnya penyakit ini bisa terjadi didaerah mata, kulit, kelenjar getah bening dan paru-paru.

Penyakit ini bisa muncuk hingga bertahun-tahun dan bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yang terkait.Sarkoidosis diguna sebagai respons alam dari sistem kekebalan tubuh terhadap benda atau zat asing yang memasuki tubuh, diduga berasal dari udara yang di hirup.

Untuk gejalanya sendiri sarkoidosis muncul secara perlahan-lahan dengan pola yang berbeda-beda pula, tergantung kepada organ tubuh yang terkena dampak penyakit ini.

Namun pada kasus lain, gejala hanya muncul sesaat lalu menghilang.Ada juga yang gejalanya berlangsung hingga bertahun-tahun atau sebaliknya, tidak menampakkan gejala sama sekali.

Pada umumnya gejala sarkoidosis yang kerap muncul yakni demam, pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan dan kelelahan secara berlebihan.

Pengobatan Penyakit Sarkoidosis

Setengah dari kasus penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan jika tidak ditemukan gejala yang segnifikan.

Namun pengobatan akan diperlukan jika gejala yang dirasakan turut menganggu atau mengancam fungsi organ tubuh lain.Berikut ini jenis perawatan yang biasa dilakukan diantaranya :

  • Pemberian hydoxyhloroquine untuk mengatasi gangguan kulit dan meningkatkan level kalsium di dalam darah.
  • Pemberian obat penghambat TNF-alpha untuk mengobati sarkoidosis yang tidak memberikan respons terhadap pengobatan lain.
  • Pengobatan obat kortisteroid yakni obat antiradang yang biasanya jadi terapi lini pertama untuk kondisi ini, obat ini juga bisa dioleska secara langsung pada kulit atau diteteskan pada mata.
  • Pemberian obat penekan sistem kekebalan untuk mengurangi peradangan
  • Langkah pembedahan mungkin di pilih untuk transplantasi jika kondisi ini telah merusak paru-paru, hati atau jantung.
  • Konsumsi obat penyakit sarkoidosis alami (Rekomendasi : Jelly Gamat QNC)

Selain melakukan langkah pengobatan tersebut, melakukan perubahan gaya hidup yang disarankan di bawah ini bisa memudahkan penderita dalam menjalani kehidupan sehari-hari seperti :

  • Berhenti merokok
  • Pastikan tubuh beristirahat dan olahraga yang cukup
  • Memulai diet dan pola makan yang seimbang yang direkomendasikan dokter
  • Memenuhi asupan air putih yang proporsional

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai gejala penyakit sarkoidosis dan pengobatannya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh