Dampak Komplikasi Diabetes Gestasional Pada Janin

By | July 24, 2017

Dampak Komplikasi Diabetes Gestasional Pada Janin – Diabetes gestasional merupakan diabetes yang terjadi pada ibu hamil, meskipun sebelumnya ibu hamil tidak pernah menderita diabetes.

Dampak Komplikasi Diabetes Gestasional Pada JaninNamun penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah tinggi pada ibu hamil.Tentunya, dampak diabetes gestasional tidak hanya dialami oleh ibu, tetapi bisa juga dialami oleh janin dalam kandungan.

Pada kebanyakan kasus, kadar gula darah anda bisa kembali normal selepas anda melahirkan.Meskipun begitu diabetes gestasional tetap saja bisa membahayakan kesehatan anda saat hamil sehingga bisa meningkatkan risiko anda untuk mengalami komplikasi saat hamil.

Dan berikut ini ada beberapa dampak diabetes gestasional yang bisa anda alami saat masa kehamilan diantaranya :

  • Tekanan darah tinggi atau preeklampsia saat hamil
  • Meningkat risiko ibu mengalami diabetes melitus tipe 2 setelah melahirkan
  • Kelahiran prematur untuk menghindari risiko kesehatan yang lebih tinggi
  • Keguguran
  • Meningkatkan risiko diabetes gestasional pada kehamilan berikutnya

Risiko lebih tinggi untuk melahirkan dengan cara operasi caesar karena biayanya ukuran bayi lebih besar dari normal pada ibu dengan diabetes gestasional

Dampak Komplikasi Diabetes Gestasional Pada Janin

Selain itu, diabetes gestasional juga memberikan dampak pada janin karena janin mendapatkan nutrisi dari aliran darah ibu.Dan berikut ini ada beberapa dampak diabetes gestasional pada janin dalam kandungan diantaranya.

1) Kadar gula yang lebih rendah (hipoglikemia) saat lahir

Bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional biasanya mengalami hipoglikemia sesaat setelah lahir karena tingginya kadar insulin yang diproduksi oleh tubuh bayi sendiri.Hipoglikemis yang sangat berat bisa menyebabkan bayi kejang.

2) Penyakit kuning

Bayi dari ibu dengan diabetes gestasional juga lebih mungkin mengalami penyakit kuning setelah lahir.Bayi dengan penyakit kuning harus dirawat dengan perlakukan khusus setelah lahir, biasanya bayi ditempatkan di bawah lampu khusus.

3) Kelahiran prematur

Kadar gula darah yang tinggi pada ibu hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur sehingga dokter mungkin akan merekomendasikan persalinan sebelum waktunya karena ukuran bayi yang besar.Jika terus dipertahankan, aka ukuran bayi lebih besar lagi dan bisa menyebabkan komplikasi yang lebih tinggi.

4) Bayi lahir dengan berat yang sangat besar (makrosomia)

Ibu yang mengalami diabetes gestasional saat hamil biasanya mempunyai janin dengan ukuran yang lebih besar.Bayi dalam kandungan menyimpan kelebihan gula yang diterimanya dari aliran darah ibu sebagai lemak sehingga bayi dalam kandungan bisa tumbuh lebih besar.

5) Masalah pernafasan sementara

Bayi yang dilahirkan secara prematur mungkin memiliki masalah pernafasan sementara.Bayi mungkin membutuhkan bantuan pernafasan sampai paru-paru bayi sudah cukup matang dan lebih kuat.Meskipun bayi tidak dilahirkan lebih awal, namun bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional lebih berisiko untuk mengalami masalah pernafasan setelah lahir.

Setelah itu, bayi dari ibu yang mengalami diabetes gestasional saat hamil juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas dan diabetes pada tahap kehidupan selanjutnya.

Pencegahan Diabetes Gestasional

Mengingat bahwa diabetes gestasional sangatlah berbahaya terutama bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.Maka anda perlu mengetahui beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengontrol diabetes gestasional yakni :

  • Lakukan tes gula darah sendiri
  • Lakukan olahraga secara teratur
  • Tetapkan pola makan sehat
  • Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin

Selain melakukan beberapa hal untuk mengontrol diabetes gestasional supaya ibu hamil dan janin dalam kandungan tidak mengalami dampak buruk dari penyakit ini.

Maka anda perlu : Obat Diabetes Gestasional Alami

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai dampak komplikasi diabetes gestasional pada janin, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

Apakah Penyakit Diabetes Melitus Bisa Sembuh Total ?
7 Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Mengobati Diabetes Melitus

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh