Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

By | October 7, 2017

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya – Penyakit ginjal adalah kondisi yang sangat berbahaya sekali yang mana jika tidak ditangani dengan baik, ginjal bisa berhenti berfungsi.Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara MengatasinyaGinjal sendiri merupakan salah satu organ vital bagi tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring darah yang selanjutnya akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh.Dalam proses penyaringan tersebut, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan dan juga mengatur cairan di dalam tubuh.

Namun, karena berbagai macam faktor (biasanya karena pola hidup yang tidak sehat) ginjal akan sangat rawan mengalami penurunan fungsi.Kerusakan ginjal bisa meliputi beberapa macam seperti : infeksi ginjal, gagal ginjal, kista ginjal, batu ginjal bahkan kanker ginjal.

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

Pastinya penyakit yang diderita oleh seseorang akan menimbulkan gejala atau ciri-ciri dan berikut ini ada beberapa ciri-ciri penyakit ginjal yang paling umum terjadi diantaranya :

1. Memiliki Nafas Pendek-Pendek

Pada manusia normal menghirup udara dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya bisa dengan jangka waktu sekitar 3 detik.Namun, pada penderita ginjal menghirup udara dan mengeluarkan udara membutuhkan waktu kurang dari 3 detik sehingga dia cenderung memiliki nafas yang pendek-pendek.

2. Sering Kehilangan Keseimbangan

Rasa pusing yang sering dialami oleh penderita ginjal menyebabkan dirinya tidak bisa menjaga keseimbangan, untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita penyakit ginjal akan sering sekali jatuh.

3. Diare

Anak yang menderita penyakit ginjal akan sering diare, penyebabnya adalah saluran cerna pada anak terkena infeksi oleh infeksi bakteri yang juga menyerang ginjal, akibatnya anak pun akan mudah untuk terkena diare.

4. Memiliki Pertumbuhan Yang Pelan

Penyakit ginjal tidak hanya menyerang orang tua dan orang dewasa saja, namun penyakit ginjal juga bisa diderita oleh anak-anak.Biasanya anak-anak yang menderita penyakit ginjal akan sulit sekali untuk tumbuh dan berkembang karena ginjal merupakan organ vital yang bisa mendukung pertumbuhan anak-anak dan juga bayi.

5. Lapisan Perut Meradang

Lapisan perut pada tubuh penderita ginjal bisa meradang akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.Hal itu diperparah dengan antibodi penderita ginjal yang biasanya menurun.Saat antibofi menurun, tubuh akan mudah terkena berbagai macam penyakit salah satunya peradangan lapisan perut.

6. Air Kencing Berbusa

Jika anda pada saat kencing dan air kencing tersebut berbusa, mungkin saja anda terkena radang ginjal.Karena nefron ginjal yang rusak tersebutlah yang menyebabkan mengapa air kencing berbusa.

7. Sering Kram Parah

Orang yang menderita ginjal bisa terkena kram otot parah, penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh beraksi salah satunya dengan cara kram tersebut.

8. Perut Kembung

Penderita ginjal yang memiliki penumpukan cairan di dalam tubuhnya bisa merasakan perut kembung setiap hari, hal itu dikarenakan adanya penumpukan cairan di dalam perut sehingga bisa membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman.

9. Mual

Penderita ginjal bisa merasakan mual, hal itu dikarenakan penumpukan cairan bisa di dalam perut.Saat perut penuh dengan cairan, lambung bisa tertekan sehingga menyebabkan mual.

10. Volume Urin Meningkat

Ginjal bisa diberatkan dengan insulin pada penderita diabetes.Akibatnya adalah orang yang menderita diabetes dan didiagnosa terkena sakit ginjal akan sering buang air kecil terutama pada saat malam hari.Hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu menahan ekresi manusia berupa urin tersebut.

Itulah beberapa ciri-ciri penyakit ginjal yang wajib anda waspadai, namun jika anda merasakan ciri-ciri penyakit ginjal tersebut sebaiknya segera atasi dan obati sehingga penyakit yang anda derita tidak semakin parah dan tidak menimbulkan hal yang tidak anda inginkan.

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal

Mendeteksi dini penyakit ginjal akan lebih mudah mengatasinya dibandingkan mengobati ginjal ketika kronis.Salah satu upaya yang  bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit ginjal yakni dengan mengubah gaya hidup secara perlahan-lahan.

Itu karena, dengan mengubah pola hidup maka bisa mengurangi keparahan penyakit ginjal yang anda derita.Berikut ini ada beberapa gaya hidup sehat yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit ginjal yakni :

  • Rutin olahraga
  • Hindari obat ibuprofen
  • Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Membatasi garam
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan terlarang
  • Makan-makan bergizi dan rendah lemak
  • Tidak merokok
  • Menjaga berat badan yang ideal jangan sampai terlalu gemuk atau terlalu kurus
  • Mengkonsumsi obat herbal penyakit ginjal ( Rekomendasi : Jelly Gamat QNC )

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai ciri-ciri penyakit ginjal dan cara mengatasinya semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terimakasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana ini.

by post : Obat Diebetes Melitus Alami Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *