Bahaya Kista Ginjal Pada Anak

By | November 23, 2017

Bahaya Kista Ginjal Pada Anak – Kista Ginjal adalah sebuah kantong yang berbentuk bulat atau oval, berisi cairan yang bisa terbentuk di dalam ginjal kanan ataupun kiri.

Umumnya kista ginjal bisa muncul sebagai kelainan bawaan dari lahir, misalnya pada penyakit ginjal polikistik.Separuh penderita penyakit ini mengalami gagal ginjal sehingga memerlukan cuci darah pada usia 60 tahun.

Biasanya kista ginjal yang terjadi adalah kista ginjal sederhana, dimana kista ini merupakan kista jinak dan tidak berkembang menjadi kanker serta jarang menyebabkan komplikasi.

Bahaya Kista Ginjal Pada Anak

Gejala Dan Bahaya Kista Ginjal Pada Anak

Gejala dari kista ginjal sendiri diantaranya seperti rasa sakit yang muncul pada perut atau punggung, sering buang air kecil, urine yang mengandung darah, demam dan menggigil.

Sebenarnya kista ginjal yang kecil dan tidak menimbulkan keluhan umumnya tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan penanganan yang khusus karena biasanya bisa menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Namun, kista yang besar dan juga sudah menimbulkan gejala pada anak anda maka harus melakukan penanganan lebih lanjut supaya untuk mencegah terjadinya komplikasi berupa :

  • Infeksi Pada Kista – Kista yang mengalami infeksi, penderita bisa mengalami rasa sakit dan demam.
  • Gagal Ginjal – Ginjal berfungsi untuk membersihkan material sampah dari tubuh serta menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia di dalam tubuh.
  • Kista Pecah – Kista ginjal yang pecah bisa menyebabkan rasa sakit cukup parah pada bagian punggung atau bagian samping yakni antara tulang rusuk dan panggul.
  • Hipertensi – Penyakit ginjal polikistik bisa meningkatkan risiko penderitanya untuk mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi karena ginjal memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah.
  • Gangguan Buang Air Kecil – Jika seseorang mengalami sumbatan yang disebabkan oleh kista ginjal, maka kesulitan buang air kecil bisa terjadi dan bisa menyebabkan pembengkakan pada ginjal.

Pengobatan Kista Ginjal

Kista ginjal mungkin tidak memerlukan penanganan khusus apabila kondisinya tidak menyebabkan gejala ataupun tanda-tanda terganggunya fungsi ginjal di dalam tubuh.

Namun jika ukuran kista bertambah besar dan menimbulkan gejala lain, maka dokter akan menganjurkan penanganan kista dengan cara :

  • Operasi Pengangkatan Kista

Dalam prosedur ini, dokter membuat sayatan pada kulit untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista, kemudian dinding ginjal yang terdapat kista akan di potong atau dibakar.

  • Drainase Kista, Diikuti Pengisian Kista Dengan Alkohol

Cara ini dilakukan dengan menusukkan jarum kecil melalui kulit hingga menembus dinding kista.Setelah cairan keluar, dokter bisa memberi cairan alkohol pada rongga kista yang membuat jaringan sekitarnya mengeras untuk mencegah kista terbentuk kembali.

Penderita kista ginjal disarankan untuk menghindari olahraga yang melibatkan kontak fisik, terutama jika ginjal mengalami pembengkakn yang membuat rentan mengalami cedera.

Selain melakukan kedua cara tersebut yang pastinya mengeluarkan biaya yang cukup mahal sekali, anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal Jelly Gamat QNC yang terbukti efektif mampu mengobati kista ginjal secara alami tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bahaya kista ginjal pada anak, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit yang saat ini anda derita.

Baca Juga :

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *