Apakah Penyakit Diabetes Melitus Bisa Sembuh Total ?

By | April 10, 2017

Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti AmpuhApakah penyakit diabetes melitus bisa sembuh total ? Hal seperti ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering di ungkapkan oleh semua penderita diabetes melitus.

Penyakit diabetes melitus atau sering di sebut dengan kencing manis adalah kondisi dimana terjadinya gangguan metabolisme karbohidrat yang di tandai dengan tingginya kadar gula dalam darah yang di sebabkan oleh kekurangan hormon insulin.

Penyakit ini sering di sebut sebagai great imitator, karena bisa menyerang semua organ tubuh dan bisa menimbulkan gejala serta keluhan yang signifikan bahkan bisa mengancam jiwa seseorang yang menderitanya.

Apakah Penyakit Diabetes Melitus Bisa Sembuh Total ?Tahukah Anda ?

Bahwa berdasarkan data yang dihimpun WHO memperkirakan ada 194 juta jiwa yang menderita diabetes melitus di seluruh dunia dan ini terus meningkat jumlahnya hampir dua kali lipat setiap tahunnya.

Peningkatan angka kejadian diabetes melitus tersebut seiring dengan meningkatkan faktor risiko diabetes melitus seepeti : Kurang aktifitas gerak, obesitas (kegemukan), stres, kurang makanan berserat, banyak mengkonsumsi makanan berlemak, mrokok, kelebihan kolesterol dan infeksi virus.

Penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba sehingga banyak sekali penderitanya tidak pernah menyadari kalau tubuhnya sedang di gerogoti diabetes melitus.Yang mana tubuh memerlukan energi supaya bisa berfungsi dengan baik, energi tersebut bisa di dapatkan dari makanan kita sehari-hari yang terdiri dari berbagai unsur seperti : karbohidrat, protein dan lemak.

Ketiga zat makanan tersebut perlu di olah terlebih dahulu di dalam saluran pencernaan supaya nantinya bisa menghasilkan energi.

Karbohidrat akan di olah menjadi glukosa, protein di ubah menjadi asam amino sedangkan lemak akan di ubah menjadi asam lemak, yang mana proses pengolahan makana menjadi energi ini memerlukan sebuah zat pengolahan yang bertugas memudahkan yang rumit ini, zat tersebut dinamakan enzim.

Akan tetapi, pada pengolahan glukosa menjadi energi yang berperan buka lagi enzim melainkan adalah insulin, yang mana pada penderita diabetes melitus produksi insulin di tubuh mengalami gangguan sehingga tidak mampu memecah glukosa menjadi energi.

Akibatnya hal tersebut akan membuat kadar gula darah meningkat dan munculah penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Diabetes melitus tergolong ke dalam penyakit turunan, yang mana apabila orang tuanya menderita diabetes melitus maka anak-anaknya pun bisa berpotensi menderita diabetes melitus.

Gejala Diabetes Melitus

Bisanya seseorang yang menderita diabetes melitus akan merasakan keluhan ataupun gejala seperti : rasa haus yang berlebihan, banyak makan atau mudah lapar namun berat badan justru turun drastis dan sering buang air kecil dengan frekuensi 3-4 kali sehari terutama pada malam hari.

Tidak hanya itu, adapaun gejala lain yang bisa di rasakan oleh penderita diabetes melitus diantaranya :

  • Merasa lemah
  • Kesemutan pada jari tangan dan kaki
  • Akan merasakan gatal-gatal
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Gairah intim menurun
  • Disfungsi ereksi pada pria
  • Akan merasa gatal-gatal di kemaluan wanita
  • Adanya luka yang tak kunjung sembuh
  • Pada ibu hamil sering melahirkan bayi dengan bobot di atas 4kg

Meskipun begitu banyak gejala diabetes melitus yang terjadi, namun ada juga penderita diabetes melitus yang sama sekali tidak menunjukan gejala seperti di atas.Namum, biasanya mereka baru tahu kalau kadar gula darahnya tinggi setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di dokter ataupun rumah sakit.

Lalu Apakah Penyakit Diabetes Melitus Bisa Sembuh Total ?

Jawabannya : Tidak ? Karena pada dasarnya penyakit diabetes melitus hanya bisa dikendalikan bukan di sembuhkan, yang mana itu artinya meskipun orang telah menyandang diabetes, namun ia masih bisa hidup sehat secara normal dengan cara mengendalikan kadar gula darahnya yang baik.

Dengan terkendalinya kadar gula darah, maka akan menunda atau meminimalkan risiko munculnya komplikasi diabetes melitus dan meningkatkan kualitas hidup dan perilaku untuk mencapai hidup yang sehat.

Biasanya komplikasi diabetes melitus yang sering terjadi yaitu stroke, serangan jantung, gagal ginjal, akan merasakan kesemutan pada kaki dan lengan dan disfungsi ereksi.Dengan begitu banyak komplikasi yang di timbulkan oleh diabetes melitus maka inilah yang menyebabkan penyakit ini tergolong mematikan.

Jika anda ingin mengendalikan kadar gula darah supaya tetap atau mendekati normal, maka anda bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti di bawah ini yaitu :

  • Olahraga secara teratur
  • Pengaturan makan dan diet
  • Melakukan general chek-up
  • Lakukan pengobatan secara tepat dan cepat

Nah, itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai apakah penyakit diabetes melitus bisa sembuh total ? semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :