8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

By | April 5, 2017

8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus – Bagi penderita diabetes melitus sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan tepat karena bisa mempercepat proses penyembuhan, maka dari itu konsumsilah makanan tersebut jika anda ingin sembuh dengan cepat.

8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah salah penyakit yang banyak dialami oleh banyak orang, yang mana penyakit ini di sebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin.

Tidak hanya di akibatkan oleh adanya gangguan sekresi insulin, diabetes melitus ini juga bisa di sebabkan oleh resistensi insulin yang terjadi pada wanita hamil.

Meskipun penyakit diabetes melitus bukanlah penyakit kronis yang tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun bisa berakibat fatal apabila tidak segera di tangani dengan tepat dan cepat.

Diabetes melitus memiliki dua tipe yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe dua yang mana keduanya sama-sama bisa menimbulkan gejala diantaranya :

  • Akan merasakan rasa lapar yang ekstrem
  • Sering merasa haus
  • Sering merasa lelah
  • Luka yang sulit sembuh
  • Sering buang air kecil terutama di malam hari
  • Sering mengalami infeksi misalnya pada gusi, kulit, vagina atau saluran kemih
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis
  • Terdapat keton dalam air seni.Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup
  • Pandangan yang kabur
  • Berkurangnya massa otot

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Dan berikut ini ada beberapa makanan yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan diabetes melitus yang anda derita saat ini diantaranya :

1) Ikan

Berdasarkan hasil penelitian mengatakana bahwa mengkonsumsi ikan bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.Ikan menurunkan konsentrasi glukosa sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes.

Tidak hanya itu, ikan juga sebagai sumber protein rendah lemak sehingga penderita diabetes bisa memiliki bermacamm jenis ikan mulai dari lele, nila atau salmon.Adanya omega-3 tersebut pada ikan juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

2) Buah Jeruk

Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki penyakit diabetes cenderung memiliki kadar vitamin c yang rendah dalam tubuh mereka sehingga buah jeruk yang kaya vitamin c adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

3) Sayuran Hijau

Sayuran hijau terutama yang berdaun gekap diketahui bisa mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 seperti : bayam, sawi, brokoli, kubis dan selada karena jenis makanan tersebut sebagai pembangkit tenaga namun rendah kalori dan karbohidrat.

Menurut sebuah penelitian bahwa mengkonsumsi sayuran hijau setidaknya seporsi setiap harinya bisa mengurangi risiko penyakit diabetes sebesar 14%.

4) Bubur Gandum

Penderita diabetes bisa memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mengontrol kadar gula darahnya dengan rutin sarapan bubur gandum.Sejenis serat yang ditemukan dalam gandum yakni beta-glukan telah menunjukan efek positif terhadap penderita diabetes.

Selain itu, bubur gandum juga bisa menawarkan serat laut yang bisa memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan mengontrol gula darah.

5) Teh Hijau

Beberapa penelitian menunjukan bahwa peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan berlemak, kurang olahraga dan kurang makan sayur diketahui bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Terkait dengan masalah ini, minum teh hijau merupakan salah satu solusi sederhana untuk mencegahnya.Teh hijau sendiri di kemas dengan flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan bsia meningkatkan aktifitas insulin.

6) Kacang-Kacangan

Seseorang yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin diketahui bisa menurunkan resiko diabetes 21%.Jenis kacang-kacangan yang lainnya seperti : kacang mete, kacang almond atau walnut (semacam kenari) juga sama bermanfaat.

Tidak hanya bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, namun mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dibangding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

7) Putih Telur

Telur adalah makanan yang baik untuk membentuk otot karena mengandung protein dengan kualitas yang tinggi.Mengkonsumsi telur, khususnya putih telurnya dipercaya bisa mencegah penakit diabetes tipe 2 karena kaya protein yang berkualitas tinggi dan rendah karbohidrat.

8) Polong-Polongan

Polong-Polongan juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tipe 2 karena mampu mengontrol gula darah serta bisa mengurangi risiko penyakit jantung, karena indeks glikemiknya yang rendah.

Selain itu, makanan ini juga kaya akan karbohidrat berkualitas tinggi, protein tanpa lemak dan serat larut yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Semua makanan tersebut dipercaya bia membantu mempercepat proses pengobatan dan penyembuhna penyakit diabetes melitus apabila dikonsumsi secara rutin.

Maka untuk itu tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda mengkonsumsi makanan tersebut bisa anda masukkan ke dalam menu sehat harian anda sehingga proses pengobatan dan penyembuhan penyakit diabetes melitus yang anda derita bisa lebih cepat.

Disamping itu, anda juga bisa mengkonsumsi ramuan herbal Jelly Gamat QNC yang mampu menuntaskan penyakit diabetes melitus secara alami karena berkomposisikan dari 100% bahan alami.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 8 makanan yang baik untuk penderita diabetes melitus, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *