4 Perbedaan Antara Diabetes Melitus Dan Diabetes Insipidus

By | February 5, 2018

4 Perbedaan Antara Diabetes Melitus Dan Diabetes Insipidus – Diabetes termasuk penyakit yang dikhawatirkan oleh masyarakat saat ini, karena penyakit ini bisa menyebabkan kematian dan penyakit diebetes ini identik dengan penyakit kelebihan gula dalam darah.

Dalam dunia kedokteran, diabetes terbagi menjadi dua bagian yakni diabetes melitus dan diabetes insipidus.Kedua hal yang sama namanya, namun berbeda pengertian dan gejala penyakitnya.

4 Perbedaan Antara Diabetes Melitus Dan Diabetes InsipidusMeskipun begitu kedua diabetes ini merupakan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan urin.Untuk mengetahui lebih lengkap tentang penyakit diabetes ini, anda sebaiknya ketahui perbedaan dari penyakit ini. Silakan di simak informasinya !

#1 PENGERTIAN

  • Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh berlebihnya kadar glukosa dalam darah akibat berkurangnya produksi hormon insulin.

Dimana fungsi hormon insulin tersebut seharunya bertugas untuk mengubah menjadi glikogen dalam darah, karena hormon inslin berkurang maka glukosa dalam darah tidak bisa diubah menjadi glikogen dan menjadi menumpuk, maka inilah yang menyebabkan tingginya glukosa dalam darah.

  • Diabetes Insipidus

Jika pada diabetes melitus tubuh kekurangan hormon insulin, maka penderita diabetes insipidus tubuh kekurangan hormon ADH atau antidiuretic hormone, dimana hormon ini seharusnya berfungsi untuk merangsang ginjal agar menyerap air lebih banyak.

Namun karena hormon ADH berkurang maka air tidak terserap dan lebih banyak dikeluarkan sebagai urin, hal ini yang menyebabkan seseorang penderita diabetes insipidus sering buang air kecil atau beser.

#2 GEJALA

Berikut ini ada beberapa gejala diabetes melitus yang mirip dengan diabetes insipidus sehingga masyarakat terkadang sulit untuk membedakan penyakit ini, namun jika diperhatikan ada beberapa gejala khas seperti :

  • Gejala Diabetes Melitus :

Dehidrasi, mengeluarkan urin dalam jumlah lebih banyak, penurunan berat badan, kehausan, sering merasa lapar, sering buang air kecil, mudah terkena infeksi, merasa cepat lelah, mengalami luka diabetes, penglihatan menjadi rabun dan sering merasa tangan kesemutan.

  • Gejala Diabetes Insipidus :

Pertumbuhan lebih lambat, mudah emosi, marah dan menangis, nafsu makan berkurang, cepat merasa lelah, penurunan berat badan, demam dan sering mengeluarkan buang air kecil.

#3 DIAGNOSIS

Hal utama yang terpenting dari sebuah gangguan kesehatan adalah diagnosa dokter, karena diagnosa dokter maka akan dipastikan jenis penyakit dan penyebabnya.

Dari sana kemudian akan diberikan pengobatan sampai tindakan medis tertentu, karena pada dasarnya diabetes melitus dan diabetes insipidus berbeda sehingga cara menentukan diagnosisnya juga berbeda.

  • Diagnosa Diabetes Melitus

Tes Glukosa, Tes A1C, Pemeriksaan Kulit, Pemeriksaan Mati Rasa, Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Kolesterol dan Trigliserida serta Pengecekan Ginjal.

  • Diagnosa Diabetes Insipidus

Tes Deprivasi Air, Tes Darah dan Tes Urin, Tes Hormon Antideuretik serta MRI

#4 PENGOBATAN

Selanjutnya yang membedakan antara diabetes melitus dan diabetes insipidus adalah cara pengobatannya yakni pengobatan untuk diabetes melitus berupa :

  • Menjaga konsumsi gula
  • Melakukan olahraga
  • Menjaga berat badan
  • Tidak merokok
  • Sering memeriksakan kadar gula darah
  • Suntik insulin
  • Memeriksa mata dan gigi

Jika pengobatan diabetes melitus lebih ditunjukan kepada mengubah gaya atau pola hidup menjadi lebih baik, maka pengobatan diabetes insipidus di tunjukan untuk meredakan gejalanya seperti perbanyak mengkonsumsi air putih.

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.

~ TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA & SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *