20 Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes Melitus Yang Aman Dan Ampuh

By | April 17, 2017

Mengkonsumsi 20 buah-buahan bagi penderita diabetes sangatlah penting karena ssebagai salah satu upaya supaya bisa mengatasi kadar gula darah secara berlebihan pada penderita diabetes.

20 Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes Melitus Yang Aman Dan AmpuhDiabetes melitus adalah sebuah penyakit metabolik, yang mana penderitanya memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi yang disebabkan karena produksi insulin yang kurang memadai atau karena sel-sel dalam tubuh tidak respon terhadap insulin.

Biasanya penderita diabetes melitus akan merasakan keluhannya seperti sering buang air kecil, sering merasa lapar dan juga haus serta sering merasakan lelah.

Ketika seseorang mengalami gangguan diabetes, maka ia akan menemukan berbagai masalah pada makanan ataupun minuman yang dikonsumsinya.Maka penderita diabetes melitus harus cermat dan selektif dalam memilih setiap jenis makanan dan buah-buahan yang nantinya akan membantu menstabilkan kembali gula darahnya.

Salah satu makanan yang sehat bagi penderita diabetes melitus yakni makanan yang bisa menjaga kadar glukosa darah supaya tetap seimbang dan terkendali, khususnya bagi penderita diabetes ini yang mana diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah gula, garam dan lemak.

Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat bagi penderita melitus yakni :

  • Beras merah
  • Jagung
  • Gandum misalnya tepung gandum, sereal gandum dan roti
  • Ubi jalar

20 Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes Melitus Yang Aman Dan Ampuh

Dan berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus diantaranya :

1) Nanas

Buah yang memiliki kandungan nutrisi karbohidrat, vitamin C dan kalsium ini ternyata juga mampu bermanfaat bagi penderita diabetes.Nutrisi yang ditemukan dalam buah nanas merupakan bagian dari diet sehat bagi penderita.

Selain itu nanas juga tidak memiliki kandungan kolesterol, lemak serta lemak jenuh, maka dengan mengkonsumsi buah ini sekitar 15 gr perhari merupakan suatu diet yang sehat bagi penderita diabetes.

2) Jeruk

Buah yang satu ini mengandung zat aktif yang dinamakan naringenin yakni semacam antioksidan yang bisa membantu mempertahankan berat ideal serta bisa meningkatkan sensitivitas insulin.Zat ini biasanya terdapat pada kulit jeruk yang mengakibatkan rasa pahit.

Naringenin juga dipercaya bisa membantu proses pembakaran lemak di hati sertab bisa menurunkan rosiglitazone dan fenofibratepada terapi diabetes.Adapun kandungan lain pada buah ini yakni karbohidrat serta zat gula baik glukosa, sukrosa maupun fruktosa.

3) Buah Naga

Buah naga ini telah teruji untuk penderita diabetes karena kandungan gula yang sangat rendah pada buah ini.Kandungan lain dalam buah naga ini penuh nutrisi yang bisa membantu tubuh memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh pada penderita diabetes yang aman.

Tidak hanya baik untuk penderita diabetes saja, namun buah naga ini baik untuk berbagai penyakit dan sangat aman sekali untuk dikonsumsi.

4) Kiwi

Kiwi adalah buah untuk diabetes yang cukup aman dikonsumsi karena kiwi ini mengandung fruktosa dan serat yang mudah dicerna oleh tubuh serta memiliki kandungan glikemik yang rendah sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

Kandungan insitol dalam buah kiwi ini bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga bisa meningkatkan kinerja insulin untuk menyerap glukosa dan mengurangi kadar gula yang mengalir dalam darah.

5) Anggur

Seperti halnya kiwi, buah anggur ini mengandung fruktosa yang bisa menyerap glukosa dengan cepat dan kandungan serat dalamm buah anggur bisa dijadikan sebagai diet sehat bagi penderita diabetes.

Selain itu, kandungan beta karoten, vitamin, antioksidan, pplifenol serta kalium dalam anggur dipercaya bisa memperlambat perkembangan diabetes type1 dan bisa membantu mengurangi tekanan darah serta mencegah terjadinya resistensi insulin pada penderita diabetes type 2.

6) Cherry

Kandungan antosianin pada buah cherry ini mampu meningkatkan insulin yang membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan buah cherry juga memiliki kandungan saponin dan flavonoid yang bisa membantu menurunkan gula dalam darah serta membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang mampu mensekresikan insulin.

7) Tomat

Kandungan karbohidrat dalam buah tomat bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah serta bisa membantu asupan kalori sehingga bisa menurunkan berat badan penderita diabetes.

Kandungan licopene dalam tomat bisa membantu mengurangi proses kerusakan membran sel dalam darah serta membantu mencegah kerusakan sistem imun dalam tubuh.

8) Mangga

Kandungan polifenol dalam buah ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah mangga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh bagi penderita.

Tidak hanya itu, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A, C dan B6 serta serat yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

9) Plum

Buah ini bisa membantu mengubah pati menjadi energi serta menjaga gula darah dalam tubuh tetap normal karena kandyngan glikemik dalam buah plum yang rendah.

Buah plum adalah jenis buah untuk diabetes yang sangat aman serta bisa mengurangi frekuensi sering buang air kecil pada penderita diabetes.

10) Aprikot

Dengan memiliki indeks glikemik yang rendah, memungkinkan buah ini untuk bisa membantu mengontrol dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan serat pada buah ini bisa membantu mengontrol pelepasan gula dalam aliran darah serta bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon insulin yang nantinya akan membantu mengontrol gula darah.

11) Pir

Kandungan antosianin dan antioksidan dalam buah pir bisa membantu mengurangi resistensi pada penderita diabetes dan buah pir ini juga banyak memiliki kandungan serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan membantu kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh.

12) Melon

Kandungan kalium pada buah melon bisa membantu menurunkan tekanan darah yang mengakibatkan resistensi insulin dan kandungan zat tembaga pada buah ini juga bisa membantu memperbaiki sel-sel jaringan pada pankreas yang akan menyuplai kebutuhan insulin untuk mengontrol gula darah.

13) Apel

Kandungan indeks glikemik yang rendah pada buah ini sangat baik bagi penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam darah dan kandungan pektin dalam apel bisa membantu mengendalikan gula darah dan fungsi usus selain itu, anti-inflamasi yang ada di dalam buah ini memungkinkan pemulihan kesehatan penderitanya lebih cepat.

14) Pepaya

Kadar glukosa dalam buah pepaya ini sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, antioksidan dalam buah ini mampu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh serta kandungan serat dalam buah ini juga bisa dijadikan sebagai acuan diet sehat bagi penderita diabetes.

15) Buah Tin

Kandungan pektin (serat larut) dalam buah tin ini bermanfaat untuk membantu membersihkan kolesterol dalam tubuh dan buah tin ini mengandung kalium yang tinggi serta sodium yang rendah, yang mana sangat ampuh dalam mencegah gangguan hipertensi dan mengontrol gula darah.

16) Pisang

Kandungan dan mineral dalam pisang sangat membantu mengontrol tekanan darah dan pisang bisa membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi penderita diabetes serta pisang juga memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah yang mana akan membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

17) Belimbing

Kandungan kalori dan lemak pada buah ini sangat rendah sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.Buah belimbing merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat yang mampu menyerang glukosa, menunda penyebaran glukosa serta bisa menunda pelepasan glukosa dari pati.

Dengan begitu maka bisa membantu menurunkan gula darah, namun bagi pasien komplikasi nefroti sebaiknya menghindari buah belimbing.

18) Buah Berry

Beberapa jenis buah berry seperti : strawberry, blackberry, raspberry, cranberry, boysenberry serta blueberry memiliki kandungan lebih dari 85% air didalamnya sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol serta membantu mengelola kadar gula dalam darah.

19) Semangka

Semangka memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah serta mengandung gula alami (fruktosa).Selain itu, vitamin A dan C dalam buah semangka mampu berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk perbaikan sel-sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mampu melawan radikal bebas serta baik untuk kesehatan mata.

20 ) Buah Persik

Buah persik atau buah peach mengandung senyawa fenolik yang mampu mengatasi obesitas yang bisa mengakibatkan serangan jantung dan diabetes melitus.Buah ini juga mengandung senyawa fenol anthocyanins, clorocyanins acids, quercetin derivative yang berfungsi mampu bekerja pada sel lemak dan pembuluh darah.

Pada umumnya hampir semua buah ini baik untuk penderita diabetes, hanya saja banyak yang salah beranggapan bahwa semakin manis buah semakin berbahaya diabetes.Namun, sebenarnya manis di buah sangat alami dan mudah dicerna dalam tubuh jadi aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain Itu, Anda Juga Perlu ⇒ Obat Herbal Diabetes Melitus

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 20 buah-buahan bagi penderita diabetes melitus yang aman dan ampuh, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :