10 Kebiasaan Buruk Penyebab Seseorang Terkena Diabetes Melitus

By | April 14, 2017

10 Kebiasaan Buruk Penyebab Seseorang Terkena Diabetes MelitusDiabetes melitus atau kencing manis merupakan kondisi kronis dan berlangsung seumur hidup yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan energi yang dari makanan.

10 Kebiasaan Buruk Penyebab Seseorang Terkena Diabetes MelitusTahukah Anda ?

Ada sebanyak 350 juta orang di seluruh dunia mengidap diabetes.Pada tahun 2004, sekitar 3-4 juta orang meninggal karena kadar gula darah yang tinggi.Lebih dari 80% kematian akibat penyakit diabetes melitus terjadi di negara dengan tingkat penghasilakn mencegah dan rendah.

WHO sendiri memperkirakan jumlah kematian akibat diabetes melitus akan meningkat dua kali lipat selama periode 2005-2030.

Hal utama yang menyebabkan diabetes melitus yakni akibat terganggunya kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa ke dalam sel.Tubuh normal mampu memecah gula dan karbohidrat yang anda akan menjadi gula khusus yang di sebut glukosa.

Berikut ini ada beberapa hal kebiasaan buruk hidup sehari-hari yang menjadi penyebab terjadinya diabetes melitus pada seseorang diantarannya :

1) Suka Ngemil

Kita mengiran bahwa dengan membatasi makanan siang atau malam bisa menghindari diri dari obesitas dan diabetes.Karena belum kenyang, maka perut di isi dengan cemilan seperti :biskuit, keripik kentang dan kue-kue yang manis lainnya yang mengandung hidrat arang tinggi tanpa adanya kandungan serta pangan yang memadai.

Semua makanan itu di golongkan dalam makanan dengan glikemik indeks tinggi.Sementara, gula dan tepung yang terkandung di dalamnya mempunyai peranan dalam menaikkan kadar gula darah.

2) Sering Stress

Ketika stress datang, maka tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas.

Tubuh kita memang di rancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik, namun kalau kadar gula darah terus di picu karena stres berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan.

3) Kerangjingan Soda

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’Health Study II terhadap 51.603 wanita berusia 22-24 tahun di temukan bahwa peningkatkan mengkonsumsi minuman bersoda itu membuat berat nadan dan risiko melambung tinggi.

Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda.Selain itu, asupan kalori cair yang tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak lagi.

4) Teh Manis

Dengan tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi, belum lagi resiko kelebihan kalori karena segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekaan).

Kebutuhan kalori wanita dewasa kira-kira 1.900 kalori per hari (tergantung aktivitas).Dari teh manis saja kita sudah dapat 1.000-1.200 kalori belum ditambah tiga kali makan nasi beserta lauk pauk, yang mana patut di duga kalau setiap hari kita kelebihan kalori maka ujungnya akan obesitas dan diabetes.

5) Kurang Tidur

Jika kualitas tidur kurang di dapat, maka metabolisme bisa terganggu.Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan bahwa kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis.

6) Menggunakan Pil Kontrasepsi

Kebanyakan pil kontrasepsi terbuat dari kombinasi hormon estrogen dan progestin atau progestin saja.Pil kombinasi ini sering menyebabkan perubahan kadar gula darah.Menurut dr.Dyah Purnamasari S, Sp PD dari Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, bahwa kerja hormon pil kontraspsi berlawanan dengan kerja insulin.

Oleh karena itu kerja insulin di lawan, maka pankreas di paksa bekerja keras untuk memproduksi insulin.Jika terlalu lama di biarkan, maka pankreas akan menjadi letih dan tidak berfungsi dengan baik.

7) Gorengan

Gorengan termasuk ke dalam salah satu risiko tinggi pemicu penyakit degeneratif seperti : kardiovaskuler, diabetes melitus dan stroke.Yang mana penyebab utama penyakit kardiovaskuler itu adalah adanya penyumbatan pembuluh darah koroner dengan salah satu fakor risiko utamanya adalah dislipidemia.

Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang di tandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida serta penurunan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah.Meningkatkan proporsi dislipidemia di masyarakat di sebabkan kebiasaan mengkonsumsi berbagai makanan rendah serat dan tinggi lemak termasuk gorengan.

8) Kecanduan Rokok

Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktifk terhadap diabetes naik sebesar 22%.Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma di sebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup yang tidak sehat seperti : pola makan dan olahraga.

9) Takut Kulit Hitam

Menurut jurnal Diabetes Care, wanita dengan asupan tinggi vitamin D dan kalsium berisiko paling rendah terkena diabetes tipe 2.Selain dari makanan, sumber vitamin D terbaik ada di sinar matahar.Dua puluh menit paparan sinar matahari pagi sudah mencukupi kebutuhan vitamin D selama tiga hari.

Beberapa peneliti baru, diantaranya yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, menyebutkan bahwa vitamin D juga membantu keteraturan metabolisme tubuh termasuk gula darah.

10) Malas beraktivitas fisik

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, kasus diabetes di negara-negara Asia akan naik hingga 90 persen dalam 20 tahun ke depan.”Dalam 10 tahun belakangan, jumlah penderita diabetes di Hanoi, Vietnam, berlipat ganda.Sebabnya? Di Kota tersebut, masyarakat lebih memiliki naik moto di banding bersepeda,” kata Dr. Gauden Galea.

Seorang penasehat WHO untuk penyakit tidak menular di kawasan pasifik barat.Kesimpulannya, mereka sedikit aktifitas fisik memiliki risiko obesitas lebih tinggi dibanding mereka yang rajin bersepeda, jalan kaki atau aktivitas lainnya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes melitus.Maka sebaiknya kebiasaan buruk tersebut perlu di hindari.

Info Pengobatan :

Bagi anda yang sedang menderita diabetes melitus, kami akan merekomendsikan obat herbal diabetes melitus yakni dengan menggunakan ramuan herbal Jelly Gamat QNC yang terbuat dari 100% bahan alami.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 10 kebiasaan buruk penyebab seseorang terkena diabetes melitus semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :