10 Jenis Penyakit Ginjal Dan Cara Mencegahnya

By | November 25, 2017

Mengenal 10 jenis penyakit ginjal dan cara mencegahnya merupakan hal yang patut anda ketahui, guna untuk mempermudah penanganan dan pengobatan penyakit ginjal yang anda derita saat ini.

Berikut ini informasi yang akan kami memberikan informasi seputar jenis-jenis penyakit ginjal dan cara mencegahnya, silakan di simak !

10 Jenis Penyakit Ginjal Dan Cara MencegahnyaGinjal merupakan salah satu organ yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena tanpa ginjal maka tubuh kita akan mengalami penumpukan, racun dan kotoran.

Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring semua cairan yang masuk ke dalam tubuh kemudian disalurkan ke kandung kemih, hasilnya akhirnya yakni air seni yang bisa membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

Penyakit ginjal adalah suatu gangguan yang terjadi pada organ ginjal yakni dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis penyakit ginjal yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya :

1) Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal adalah kondisi dimana fungsi ginjal akan menurun secara pelan-pelan dan bertahap.Umumnya penderita penyakit ini pada awalnya tidak menimbulkan gejala, hal ini membuat para penderita penyakit ini tidak menyadari penyakit ini sampai pada akhirnya memasuki tahap kronis.

2) Sindrom Alport

Sindrom ini sangat kuat kaitannya dengan genetik, karena penyakit ini adalah penyakit keturunan dimana adanya fungsi pada ginjal dan terdapat darah dalam urine atau hematuria.

Penyebab penyakit ini adalah kelainan gen pada kromosom X, pada wanita yang memiliki gen ini pada salah satu kromosom X nya jarang menunjukan gejala sedangkan pada pria yang memiliki gen ini akan mengalami gagal ginjal pada usia 20-30 tahun karena hanya memiliki 1 kromosom X.

3) Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang paling banyak di derita oleh para penderita penyakit ginjal, dimana penyakit ini terjadi karena adanya endapan dari kalsium garam, mineral dan benda-benda organik lainnya.

Dari kumpulan dan endapan zat-zat tersebut maka terbentuk batu ginjal di dalam ginjal sehingga batu ginjal ini yang menghambat fungsi kerja ginjal itu sendiri.

4) Sindrom Nefrotik

Jenis penyakit ginjal yang satu ini adalah dimana terlalu banyak protein yang keluar bersama urin.Meskipun penyakit ini tidak sering terjadi namun penyakit ini bisa dialami oleh semua usia dan biasanya dapat terdeteksi pada anak usia 2 hingga 5 tahun.

Hal utama yang menyebabkan terlalu banyak protein yang keluar bersama urin adalah kegagalan ataupun kerusakan yang terjadi pada glomeruli.

5) Penyakit Uremia

Uremia adalah jenis penyakit ginjal yang tertimbunya urea di dalam darah yang mengakibatkan keracunan.Selain itu, penyakit ini juga disebabkan oleh gagal ginjal karena gagalnya fungsi ginjal dalam melakukan eskresi atau pembuangan urea dari dalam tubuh.

6) Nefritis

Atau dikenal dengan radang ginjal adalah penyakit yang menyebabkan infeksi pada ginjal, selain itu nefritis juga terjadi karena adanya virus dan bakteri yang menyerang ginjal.

Bakteri yang menyerang ginjal yakni bakteri Streptococcus, dimana bakteri ini juga merusak glomerulus karena glomerulus alergi terhadap racun yang dikeluarkan oleh bakteri ini.

7) Hematuria

Hematuria ditandai dengan adanya darah di dalam urin, umumnya tidak akan terdapat darah di dala urin kecuali bagi wanita menstruasi.Darah yang keluar bersama urin berasal dari sistem kandung kemih seperti ureter, ginjal dan kandung kemih.

8) Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik disebabkan oleh adanya kista yang berisi cairan, penyakit ini bisa dibagi menjadi 3 jenis yakni ARPKD, ADPKD dan PDK.

9) Kanker Ginjal

Adalah penyakit kanker yang menyerang ginjal, sel kanker yang umumnya ditemui pada penyakit ini adalah sel karsinoma.Kanker ini bisa menyerang segala usia baik anak-anak hingga orang dewasa.

Penyebab kanker ginjal adalah efek samping dari penggunaan obat seperti obat dialysis dan pereda rasa sakit, hipertensi, obesitas dan keturunan.

10) Glomerulonephritis

Glomeri adalah penyaring kecil yang ada di dalam ginjal dengan fungsinya membuang cairan berlebihan, sampah dan elektrolit melalui darah.

Glomerulonephritis adalah kerusakan pada glomeruli, dimana kerusakan ini terjadi pada glomeruli yang menyebabkan keluarnya darah dan protein melalui urin.

Itulah beberapa jenis penyakit ginjal yang bisa menyerang ginjal serta membuat fungsi utama ginjal menjadi terganggu atau tidak normal.Secara umum penyakit ginjal ada yang bisa diobati dan ada yang tidak.

Namun menjaga pola hidup yang sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal.Selain itu, berikut ini ada beberapa cara mencegah penyakit ginjal yakni :

  • Minum cukup air minimal minum sekitar 3 liter perhari
  • Berusahalah untuk berhenti merokok
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Kendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah
  • Pilih jenis obat ketika sakit sesuai petunjuk dokter
  • Jika memiliki penyakit diabetes, jantung dan stroke maka lakukan pemeriksaan ginjal secara teratur

Anda Juga Perlu Ini : Obat Herbal Penyakit Ginjal

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit ginjal yang anda derita saat ini.

Baca Juga :

by post : Obat Diabetes Melitus Alami Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *